Sistem
kedokteran, pertanian, dan berbagai bidang lainnya, semuanya dilandaskan pada prinsip
rasionalitas metode ini (menghilangkan makhluk pengganggu yang membahayakan).
Oleh karena itu, sering kita saksikan pemotongan anggota - anggota badan yang telah rusak atau pemangkasan dahan - dahan pengganggu dan yang membahayakan untuk memberikan pertumbuhan maksimal pada suatu pohon.
Dari sini, orang - orang yang mengetahui bahwa membunuh seorang pembunuh merupakan sebuah peniadaan seorang insan yang lain, sungguh mereka hanya mengedepankan pandangan individualistik.
Karena, apabila mereka mengarahkan pandangan pada rekonstruksi dan regenerasi masyarakat dan mengetahui apa fungsi qishash ini dalam menjaga dan mendidik keseluruhan individu, maka mereka akan berpikir kembali terhadap kata-kata yang mereka lontarkan.
Karena pada hakikatnya, menyingkirkan pribadi pelaku pembunuhan dari masyarakat sebagaimana logisnya adalah memotong anggota badan dan memangkas dahan benalu, yang hingga sekarang tidak kita temukan seorang pun yang memperlihatkan keberatannya atas metode pemotongan anggota badan ataupun pemangkasan dahan pohon yang rusak ini. Dan ini merupakan jawaban dari persoalan yang pertama.
Oleh karena itu, sering kita saksikan pemotongan anggota - anggota badan yang telah rusak atau pemangkasan dahan - dahan pengganggu dan yang membahayakan untuk memberikan pertumbuhan maksimal pada suatu pohon.
Dari sini, orang - orang yang mengetahui bahwa membunuh seorang pembunuh merupakan sebuah peniadaan seorang insan yang lain, sungguh mereka hanya mengedepankan pandangan individualistik.
Karena, apabila mereka mengarahkan pandangan pada rekonstruksi dan regenerasi masyarakat dan mengetahui apa fungsi qishash ini dalam menjaga dan mendidik keseluruhan individu, maka mereka akan berpikir kembali terhadap kata-kata yang mereka lontarkan.
Karena pada hakikatnya, menyingkirkan pribadi pelaku pembunuhan dari masyarakat sebagaimana logisnya adalah memotong anggota badan dan memangkas dahan benalu, yang hingga sekarang tidak kita temukan seorang pun yang memperlihatkan keberatannya atas metode pemotongan anggota badan ataupun pemangkasan dahan pohon yang rusak ini. Dan ini merupakan jawaban dari persoalan yang pertama.
Tentang
kritikan mereka yang kedua, harus diperhatikan bahwa pada prinsipnya,
diwajibkannya qishash tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan
persoalan balas dendam. Karena, balas dendam mempunyai makna memadamkan api
kemarahan yang muncul karena satu masalah pribadi, sementara qishash
dilakukan dengan maksud untuk mencari keadilan dan keperdulian terhadap seluruh
orang yang tidak berdosa, dan untuk mengantisipasi terulangnya kembali
kejahatan serupa di dalam masyarakat.
Tentang
kritikan yang ketiga bahwa pelaku pembunuhan pastilah terjangkit suatu penyakit
kejiwaan, karena kejahatan semacam ini tidak mungkin ditemukan pada orang - orang
biasa yang berada dalam keadaan sehat, harus ditegaskan bahwa pada sebagian
persoalan, perkataan ini benar adanya dan Islam pun tidak akan pernah
mengeluarkan hukuman qishash dalam keadaan di mana pelaku pembunuhan
adalah orang yang tidak waras atau sepertinya.
0 comments:
Post a Comment